Bagi sebagian orang, memiliki botol bekas minuman beralkohol adalah hal yang spesial. Harganya yang mahal membuat memiliki botol minuman beralkohol menjadi kebanggaan tersendiri.

Meskipun hanya berbentuk botol, tak jarang pemiliknya akan menyimpannya bahkan menjadikan botol tersebut sebagai barang koleksi. Bentuknya yang unik serta label merek yang tercantum, membuat botol bekas minuman beralkohol menjadi layak untuk disimpan.

Namun, daripada menyimpannya di pojok ruangan, kamu juga bisa membuat sesuatu yang berbeda dengan botol-botol tersebut. Dengan sedikit kreatifitas, kamu bahkan bisa menjadikan botol-botol tersebut menjadi lebih bermakna.

Apa saja yang bisa kamu lakukan? Yuk, simak 5 ide mendaur ulang botol bekas minuman beralkohol berikut ini:

  1. Wadah sabun cuci tangan
    Bosan dengan wadah sabun cuci tangan di rumah? Cobalah untuk menggantikannya dengan botol minuman beralkohol milikmu. Kamu bisa menjadikan area wastafel di rumah menjadi lebih keren dengan cara ini. Bersihkan botol terlebih dahulu dan tambahkan pipa pemompa sabun untuk membuat wadah ini berfungsi maksimal.

    Patron Bottle Soap Dispenser
    (credit : pinterest)

  2. Botol ‘papan tulis’
    Siapa bilang menulis dan menggambar hanya bisa dilakukan di media seperti kertas? Dengan keahlian yang tidak biasa, kamu juga bisa menciptakan karya di sebuah botol, lo. Botol minuman beralkohol yang kamu punya bisa kamu jadikan media baru untuk menyalurkan kreatifitas tersebut.

    Siapkan cat akrilik, cat papan tulis dan kapur. Bersihkan keseluruhan botol (termasuk mencabut label), kemudian poles seluruh botol dengan cat akrilik dan biarkan kering. Selanjutnya lakukan pengecatan seluruh bagian luar botol dengan cat papan tulis dan biarkan mengering.

    Jika sudah kering, maka kamu bisa berkreasi di botol tersebut dengan menggunakan kapur warna-warni. Benda ini bisa kamu tempatkan di ruang tamu atau keluarga untuk mempercantik ruangan.

    Chalkboard Wine Bottle
    (credit : pinterest)

  3. Wadah lampu
    Gunakan botol minuman beralkohol untuk sesuatu yang tidak umum. Salah satunya bisa kamu gunakan untuk menjadikannya sebagai wadah lampu.

    Kamu hanya perlu lampu hiasan dengan panjang sesuai dengan tinggi botol. Pastikan juga kamu akan menempatkan botol tersebut tidak jauh dari sumber listrik.

    Buat lubang pada bagian bawah botol dan tempatkan lampu-lampu tersebut ke dalam botol. Keluarkan ujung lampu melalui lubang dan sambungkan dengan sumber listrik. Sekejap botol tersebut akan memiliki fungsi yang lebih bermakna, bukan?

    Lighted Patron Bottle
    (credit : tumblr)

  4. Vas bunga
    Menempatkan bunga-bunga nan indah di sebuah botol minuman beralkohol bukanlah hal yang salah. Kamu bisa mendapatkan kesan klasik dan berkelas jika melakukan hal ini.

    Bersihkan botol secara keseluruhan dan tempatkan batang bunga ke dalam botol tersebut. Pilihlah bunga berwarna kontras dengan botol sehingga vas baru tersebut tetap cantik dipandang mata. Agar bunga di dalam botol tetap segar, pastikan kamu memberikan air di dalam botol tersebut.

    Patron Bottle Vase
    (credit : flickr)

  5. Wadah bumbu dapur
    Beberapa merek minuman beralkohol menyediakan botol dalam ukuran kecil. Jika kamu memiliki satu di antaranya, pastikan kamu tidak membuang botol tersebut.

    Botol-botol mungil tersebut bisa kamu gunakan kembali sebagai wadah bumbu dapur, seperti garam, merica, cabai bubuk dan sebagainya. Bersihkan botol tersebut hingga tidak meninggalkan bekas bau. Setelah kering, tempatkan bumbu-bumbu dapur ke dalamnya dan letakkan di dapur rumah kamu. Unik, bukan?

    Nip Salt and Pepper Shakers
    (credit : pinterest)

Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan dengan botol-botol bekas minuman beralkohol. Lakukan cara-cara tersebut di atas dengan hati-hati untuk mencegah botol pecah saat dilakukan proses daur ulang. Selamat mencoba, Kawan Bijak!