Tidak semua minuman memiliki kalori bahkan nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, tidak halnya dengan minuman beralkohol. Kamu bisa menemukan jumlah kalori yang cukup besar di minuman ini.

Semua minuman beralkohol memang mengandung kalori. Jumlah kalori yang terkandung di dalamnya bisa bervariasi tergantung bahan tambahan yang turut menyertainya. Hanya saja, minuman seperti bir dan anggur mengandung karbohidrat yang tidak ditambahkan, tetapi belum juga disuling, sehingga karbohidrat tetap ada di dalam minuman tersebut.

BACA JUGA : MENGAPA MIRAS OPLOSAN BISA MEMATIKAN NYAWA?

Dibandingkan 1gr lemak yang mengandung 9kkal dan 1gr protein yang mengandung 4kkal, ternyata terdapat 7kkal per gram etanol murni di dalam sebuah minuman beralkohol.  Itulah mengapa, jika dikonsumsi secara berlebihan, terutama dalam jangka waktu lama, minuman ini bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Nah, berapa jumlah spesifik kalori lainnya yang terkandung di dalam minuman beralkohol yang kamu konsumsi? Simak penjelasan berikut ini:

  1. Kalori pada bir
    Bir umumnya terbuat dari jelai, air, ragi dan hops (bunga betina kering dari pohon anggur hijau Humulus Lupulus). Beberapa bir ditemukan memiliki kadar volume ABV (alcohol by volume) yang berbeda-beda, mulai dari 3,5 persen hingga 5 sampai 6 persen.

    Dengan jumlah ABV yang beragam, maka jumlah kalori dalam bir juga bervariasi. Namun, umumnya terdapat sejumlah 160 kalori di dalam segelas bir. Selain itu, bir juga mengandung postasium, niasin dan fosfor.

  2. Kalori pada anggur
    Anggur atau yang biasa kamu kenal dengan wine terbuat dari hasil fermentasi jus buah anggur atau buah dan biji-bijian lainnya. Satu gelas anggur (125ml) bisa mengandung setidaknya 90 kalori. Jumlah ini tergolong alami karena terjadinya proses fermentasi anggut tanpa adanya penambahan pemanis.

    Umumnya sebotol anggur mengandung ABV sebesar 13 persen dan ABV 20 persen pada anggur yang diberikan tambahan alkohol (fortified wine).

  3. Kalori pada spirits
    Minuman ini umumnya ditempatkan pada tong-tong kayu. Warna dan rasa dari minuman ini terdiri dari variasi yang cukup banyak. Di dalam sebuah spirits terdapat AABV 40 persen, yang 25 ml di dalamnya mengandung 55 kalori.

    Minuman ini biasanya disajikan dengan ditambahkan pada minuman koktail. Itulah mengapa, kamu akan mendapatkan kalori yang lebih besar saat mengonsumsinya. Jika kamu ingin minuman yang lebih ringan tanpa kalori, kamu bisa menggantikan koktail dengan infused water berisi lemon.